Kamis, 28 November 2013

Pengenalan Flash




http://1.bp.blogspot.com/-G9AXWvQZn7A/UWVbJPSt4sI/AAAAAAAAAC8/bkPnibbAqmA/s1600/image001.jpg


1.    Flash adalah adalah salah satu software yang merupakan produk unggulan pembuat animasi gambar vektor yang sangat diminati saat ini. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension *.swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript. Flash lahir dari kepala seseorang bernama Jonathan Gay. Jon yang geek gemar menulis game dan membuat animasi di komputer. Ia menciptakan game Mac Airborne! tahun 1985, ketika ia masih duduk di bangku sekolah.

Tahun 1993 ia mendirikan FutureWave Software dengan produk pertama SmartSketch. Inilah cikal bakal Macromedia Flash. Tahun 1995 SmartSketch berganti nama menjadi CelAnimator. Menjelang akhir 1995, FutureWave sempat mengalami masalah finansial dan mencari pembeli.  Tiga calon yang ketika itu didekatinya adalah John Warnock dari Apple, lalu juga Adobe dan Fractal Designs. Juli 1996 CelAnimator berubah nama kembali menjadi FutureSplash Animator. Produk ini menimbulkan minat di kalangan industri. Tak kurang dari Microsoft yang menggunakan dan amat menyukainya. Disney juga sama. Ketika itu MSN ingin dibuat mengikuti model televisi, dan animasi-animasi full screen dibuat dengan FutureSplash.  Pada desember 1996, Macromedia yang sedang membujuk Disney agar memakai Shockwave—plugin browser untuk produk animatornya bernama Director—mendekati Jon. Akhirnya terjadilah deal dan FutureSplash Animator berubah nama menjadi Flash 1.0. Ada desas-desus bahwa jika Macromedia membeli FutureWave, maka Microsoft akan mencaplok Macromedia. Ternyata dugaan tersebut tidak benar, karena Microsoft kemudian mengubah haluan dan menjadikan MSN lebih berbasis teks ketimbang televisi.
Selanjutnya Flash 2 dirilis pertengahan 1997 dan mendapatkan pujian di mana-mana. Flash 3 dan Generator menyusul April 1998. Karena tekanan Adobe yang mempromosikan format SVG— Macromedia mengumumkan membuka format file *.swf bagi publik.

Flash 4 dan 5 menyusul 1999 dan Juli 2000. Sementara itu semakin banyak software lain yang mendukung memainkan dan menghasilkan .swf, antara lain QuickTime dan CorelDRAW. Versi 5 menambahkan integrasi dengan XML, Generator, dan ActionScript. Penetrasi browser terus meningkat hingga kini mencapai 96%. Player Flash telah tersedia untuk berbagai platform: Windows, Mac, Unix, BeOS, hingga OS/2 dan PocketPC. Jonathan Gay kini bekerja sebagai developer untuk Macromedia. Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash dikarenakan Macromedia yang merupakan produsen pembuat flash profesional kini telah merjer dengan adobe corp, perubahan terjadi pada macromedia flash series 9 menjadi Adobe Flah CS3 pada April 16, 2007 ) merupakan tools yang dikembangkan untuk membuat berbagai aplikasi berbasis internet. Pada awalnya, Flash yang dilengkapi bahasa pemrograman ActionScript digunakan oleh developer web untuk mendesain web menjadi lebih interaktif dengan berbagai macam animasi. Namun, kemudian Flash banyak digunakan untuk membuat aplikasi multimedia interaktif. Seperti iklan banner, intro film, CD interactive, hingga pembuatan dan animasi. Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.



2.    Komponen-komponen yang ada flash 8
http://4.bp.blogspot.com/-gXS-vq98F6U/UWVcUUgO8WI/AAAAAAAAADE/E6TdEVb53dM/s320/image002.jpg


3.    Tools yang digunakan untuk menggambar :
http://3.bp.blogspot.com/-01DI1BL2ARQ/UWVcoNabQAI/AAAAAAAAADU/krq8HYADPgY/s320/image004.jpg

Fungsi dari tools diatas yaitu :
1.      Selection tool : untuk memilih dan memindahkan objek
2.      Free transform tool : untuk mentransformasikan objek secara bebas
3.      Line tool : untuk membuat garis
4.      Pen tool : untuk menggambar objek, menambah atau mengurangi titik-titik garis pada gambar
5.      Oval tool : untuk membuat lingkaran
6.      Pencil tool : untuk menggambar secara teratur
7.      Ink bottle tool : untuk mewarnai atau menambah warna outline sebuah objek
8.      Dropper tool : untuk mengambil warna suatu bidang gambar lain
9.      Fill transform tool : mentransformasi suatu fill objek
10.  Lasso tool : digunakan untuk memilh bagian suatu objek secara tidak teratur
11.  Text tool : untuk menambahkan tulisan
12.  rectangel tool : untuk membuat kotak
13.  brush tool : untuk menggambar suatu objek dengan metode kuas
14.  paint bucket tool : untuk mengidentifikasi warna suatu objek
15.  eraser tool : untuk menghapus gambar

4.    Tools untuk mewarnai:
http://3.bp.blogspot.com/-DwJXUj_at8w/UWVcqYUftGI/AAAAAAAAADk/4APLAF7xV_I/s320/image006.jpg

Fungsinya :
·  Stroke color : untuk memilih warna yang akan digunakan untuk mewarnai bagian pinggir/tepi suatu objek
·  Fill color : untuk memilih warna yang akan digunakan untuk mewarnai bagian dalam suatu objek
·  black and white : untuk mengotomatiskan pilihan warna black and white, black untuk stroke color dan white untuk fill color
·  No color : untuk menonaktifkan warna pada fill color, objek yang dihasilkan akan transparan.
·  Swap color : menukarkan stroke color menjadi fill color, atau sebaliknya.

5.    Timeline : Tempat dimana kita mengatur dan mengendalikan movie yang kita buat
http://2.bp.blogspot.com/-nz_qktcj0mc/UWVcrG9-vwI/AAAAAAAAAD0/hE2BTPMOYDk/s320/image007.jpg

                    6.    . Properties : untuk mengatur property sebuah proyek yang dikerjakan
http://2.bp.blogspot.com/-5u-ivOSurr4/UWVcq8E__AI/AAAAAAAAADs/eTiTn5nOZpo/s320/image008.jpg

                   7.    Colors window : untuk mengatur warna
http://2.bp.blogspot.com/-4RnOdek9KZ0/UWVctIwKuZI/AAAAAAAAAD8/GXbqAAS-xsQ/s1600/image009.jpg


                 8.    Library : untuk menampung bahan-bahan bawaan dari flash, dan juga bahan-bahan dari luar aplikasi flash (di import).
http://2.bp.blogspot.com/-7uRWzl3FS8E/UWVct1CbaEI/AAAAAAAAAEE/Xd2hvHWqi44/s320/image010.jpg

                     
9.    Stage : tempat dimana kita bekerja dalam membuat animasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar