Sabtu, 30 November 2013

Membuat Ribbon Vector sederhana


1. Buka Aplikasi Adobe Photoshop, saya pakainya PS CS5 ^^/Kemudian buat File baru, File > New atau Ctrl+N




 2. Buat ukuran 500x500 px dengan resolusi standar 72 px/inch
 3. Caranya mudah dan praktis sekali, gunakan Polygonal Lasso tool. 


 4. Lalu, buat layer baru (perhatikan jendela Layer) Kalau tidak muncul, coba di window > layer. Untuk menambah layer, klik icon kotak sebelah tempat sampah


5. Nah, buat pola pita atau ribbon, tidak sulit kok, tinggal menyatukan garis, setelah itu akan muncul garis putus-putus. Bisa juga buat pita beragam bentuknya dengan kreatifitasmu.

 6. Setelah berbentuk pita, beri warna dengan mengklik pilihan warna, Foreground atau Background. Cara praktisnya, Ctrl+Delete untuk Background (putih) , dan Alt+Delete untuk Foreground (pink)


7. Setelah diberi warna, pitanya sudah terlihat :)
 8. Untuk menambah kesan pita, kita beri hiasan sederhana, saya menambahkan garis putus-putus dibagian atas dan bawah. Caranya mudah, hanya dengan memasukkan teks lambah minus (-) yang banyak. Warnai teks dengan warna putih, lalu atur dibagian atas dan bawah.

 9.Terakhir, agar gambar pita ini bisa kita gunakan untuk dimasukkan teks atau digabungkan dengan desain kita, hapus background dasar. Klik layer background, klik kanan > delete.
Setelah background utama dihapus, gambar akan terlihat seperti ini.

10. Save file dengan format .PNG
Agar gambar bisa dipakai untuk membuat desain. Pilih 'none' > ok. Taraa~ kita sudah bikin sendiri ribbon vector sederhana. 

Teman-teman juga bisa membuat warnanya jadi warna gradasi dan dihias serta membuat ukuran sesuai selera ^^

*Mohon maaf sesederhana ini, karena menurut saya, untuk membuat suatu desain, kadang kita perlu pikiran yang jernih untuk membuat hal luar biasa dari hal yang sederhana sekali :)



1 komentar: